ORDER ONLINE DI TOKO VISIT CELLL

Dikirim oleh VISIT CELL pada 20 Maret 2016

Senin, 21 Juli 2014

konsumsi protein saat sahur bisa membantu tubuh kenyang lebih lama.
Lesthia Kertopati, Al Amin | Jum'at, 18 Juli 2014, 12:07 WIB
VIVAlife - Berpuasa banyak manfaatnya bagi kesehatan. Namun, jika Anda kerap merasa lesu di siang hari, berarti Anda melakukan kesalahan saat bersantap sahur maupun berbuka. Dilansir Arab News, ahli gizi Raida Al-Habib mengatakan, berolahraga merupakan kunci penting untuk tetap bugar saat berpuasa.

"Meskipun berpuasa, bukan berarti olahraga ditinggalkan," ujarnya.

Menurut Raida, waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadan adalah satu atau dua jam sebelum berbuka puasa, selama 30 menit,

Olahraga yang dilakukan pun tidak melulu yang melibatkan aktivitas fisik berlebihan. "Stretching atau yoga dan pilates bisa membantu meningkatkan kebugaran tubuh selama berpuasa," sambungnya.

Selain itu, asupan makanan saat sahur dan berbuka juga harus diperhatikan. Nutrisi yang seimbang juga akan membuat tubuh terasa lebih segar.

"Makan sehat saat sahur dan berbuka adalah hal penting yang tidak bisa dilewatkan," jelas Raida.

Dia mengungkapkan, mengonsumsi protein nabati dan hewani ketika bersantap sahur bisa membantu metabolisme tubuh bekerja lebih optimal. "Hindari hidangan sahur yang terlalu berat. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan air agar tubuh kenyang lebih lama dan tidak kekurangan cairan selama berpuasa," tuturnya.

Sementara, saat berbuka, Raida menyarankan untuk menghindari makanan goreng-gorengan serta yang mengandung banyak gula.

"Jika orang yang berpuasa lelah dan lesu di siang hari, itu berarti  ada ketidakseimbangan antara buka puasa dan sahur makanan. Mereka biasanya makan berlebihan dan mengonsumsi makanan penuh lemak, gula dan kurang asupan air," lanjutnya.

Di samping itu, Raida menjelaskan, konsumsi makanan penuh lemak dan gula akan berkontribusi terhadap kelelahan, ketidaknyamanan dan haus selama berpuasa. 

© VIVA.co.id

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar